Ragam Ucapan Ulang Tahun untuk Ibunda Tercinta dalam Bahasa Inggris

Ibu, baik itu ibu kandung, ibu tiri, ibu mertua, maupun seseorang yang sudah kita anggap seperti ibu sendiri, adalah sosok yang kehadirannya memberikan pengaruh yang luar biasa kepada kita. Kasih sayang dan cinta mereka curahkan kepada kita tanpa mengenal waktu.

Ketika beliau berulang tahun, selain memberikan kado ulang tahun berupa benda fisik, doa dan ucapan selamat ulang tahun adalah kado ulang tahun yang memiliki makna sama besar, atau bahkan lebih, dengan kado fisik yang kita berikan kepadanya.

Picture by Andrea Piacquadio on Pexels

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Ibu Kandung

Pada bagian ini, kita akan melihat beberapa contoh ucapan serta doa ulang tahun dalam Bahasa Inggris yang dapat kita berikan untuk ibu kandung yang mengandung, melahirkan, serta membesarkan kita selama bertahun-tahun.

  • Happy birthday to the woman who was very kind to gave her body to carry me for 9 months. Happy birthday to the woman who gave birth and raised me with love and adoration. I promise I will always make you happy and laugh. (Selamat ulang tahun kepada wanita baik hati yang telah rela memberikan tubuhnya untuk mengandungku selama 9 bulan. Selamat ulang tahun kepada wanita yang melahirkan dan membesarkanku dengan cinta dan pemujaan. Aku janji akan selalu membuatmu bahagia dan tertawa).
  • 79 years ago, God sent an angel and she gave birth to 4 children after finding her true soulmate. Years later, she is still here to see her children grow, marry, and have children of their own. Happy birthday to this angel, our beloved Mother. We love, love you very much.
    (79 tahun yang lalu, Tuhan mengirimkan seorang malaikat dan ia melahirkan 4 orang anak setelah menemukan belahan jiwanya. Bertahun-tahun kemudian, ia masih ada di sini untuk melihat anak-anaknya tumbuh, menikah, dan memiliki anak-anak mereka sendiri. Selamat ulang tahun kepada malaikat ini, Ibu kami tercinta. Kami sangat, sangat mencintaimu).

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Ibu Tiri

Ibu tiri, selayaknya ibu kandung, adalah sosok yang juga sangat luar biasa, karena beliau juga bisa mencintai dan menyayangi kita seperti anaknya sendiri. Sudah selayaknya kita mengucapkan doa dan ucapan selamat ulang tahun kepadanya. Berikut contohnya:

  • Loving a kid who is not your own blood is never easy, but you still love me and also care for me for years. You are a very amazing woman and may you have a wonderful birthday.
    (Mencintai seorang anak yang bukan darah dagingmu sendiri tidak pernah mudah, tetapi kau masih mencintaiku dan juga peduli padaku selama bertahun-tahun. Kau adalah wanita yang luar biasa dan semoga kau memiliki ulang tahun yang indah).
  • As we celebrate your birthday, I want you to know that you have a very important role in my life and that I really cherish our beautiful relationship as a stepmom and stepson. Happy birthday, my beautiful Momma!
    (Selagi kita merayakan ulang tahunmu, aku ingin kau tau bahwa kau memiliki peran yang sangat penting di hidupku dan aku sangat menghargai hubungan kita yang indah sebagai anak dan ibu tiri. Selamat ulang tahun, Mamaku yang cantik!).

Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu Mertua

Ketika kita menikah, posisi seorang ibu mertua diibaratkan sama dengan posisi ibu kandung sendiri. Untuk itu, tak ada salahnya memberi beliau doa dan ucapan selamat ulang tahun. Berikut contoh ucapan selamat ulang tahun untuk ibu mertua:

  • Thank you for your acceptance when my husband and I decided to get married. Your love and support for me mean everything to me. Happy birthday to my wonderful Mother-in-law!
    (Terima kasih atas penerimaanmu ketika suamiku dan aku memutuskan untuk menikah. Cinta dan dukunganmu amat berarti bagiku. Selamat ulang tahun untuk ibu mertuaku yang hebat!).
  • When people say that you have a cold heart and we seem distant to each other, you turn out to have the warmest heart and we are close to each other. Thank you for being there for me and my wife, who happens to be your own daughter, Mom. Happy belated birthday and may your new age brings you an endless joy. (Ketika orang-orang berkata bahwa kau memiliki hati yang dingin dan kita terlihat tak saling dekat, engkau sebenarnya memiliki hati terhangat yang pernah ada dan kita dekat satu sama lain. Terima kasih sudah ada untukku dan istriku, yang adalah putrimu sendiri, Bu. Selamat ulang tahun dan semoga umur barumu membawakanmu kebahagiaan yang tak ada habisnya).

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Seseorang yang Sudah Dianggap Ibu Sendiri

Sosok-sosok yang sudah dianggap ibu sendiri juga patut mendapatkan ucapan serta doa ulang tahun dari kita. Inilah contoh ucapannya:

  • You are my aunt, indeed, but I also consider you my own mother. Happy birthday, Auntie, you are the hero in my life!
    (Engkau adalah bibiku, memang benar, namun aku sudah menganggapmu sebagai ibuku sendiri. Selamat ulang tahun, Bibi, engkau adalah pahlawan di hidupku!).
  • Having an adoptive mother like you is something I really appreciate, because you always love and believe in me. Happy birthday, my sweet mother. Smile wide because we will celebrate your birthday merrily!
    (Memiliki ibu adopsi sepertimu adalah sesuatu yang aku hargai, karena kau selalu mencintai dan percaya padaku. Selamat ulang tahun, ibuku yang manis. Senyumlah yang lebar karena kita akan merayakan ulang tahunmu dengan meriah!).

Demikian ucapan-ucapan ulang tahun yang diiringi doa untuk ibu yang kita kasihi dalam Bahasa Inggris.